Penyayang bercahaya

Assalamu'alaykum…….

Pembagian Wilayah Atmosfer

Posted by RAHMA CAHYANINGRUM pada Desember 8, 2009

Pembagian wilayah atmosfer

Sifat-sifat kimia dan reaksi-reaksi yang terjadi di dalamnya sangat ditentukan oleh karakteristik fisik atmosfer seperti suhu, tekanan. Terjadinya perbedaan tekanan dan suhu atmosfer disebabkan oleh adanya perbedaan altitude dan latitude. Hal ini yang menyebabakan adanya pembagian atmosfer bumi.

Sistem pembagian wilayah atmosfer yang paling umum digunakan berdasarkan pada perbedaan temperature dan ketinggian (altitude). Karakteristik dari perbedaan temperature ini dapat dilihat dari garis merah pada gambar di atas.

Pertanyaan yang muncul adalah “Mengapa suhu tidak selalu berkurang saat ketinggian bertambah?” Kita tahu bahwa semakin tinggi tempat, maka semakin rendah suhu (semakin dingin). Ada apa di atmosfer kita hingga menimbulkan pertanyaan tersebut? Berikut jawabannya.

Karakteristik dari troposfer adalah terjadinya penurunan suhu dengan adanya kenaikan altitude, dengan adanya penambahan jarak dari radiasi panas bumi. Dengan ketiadaan pencemaran udara komposisi troposfer sangat homogen, tetapi kandungan air di troposfer sangat bervariasi. Hal ini disebabkan oleh pembentukan awan, pengendapan, dan penguapan dari air yang berasal dari daerah terrestrial dan badan-badan air.

Lapisan yang paling dingin suhunya di troposfer dikenal sebagai tropopause. Hal ini disebabkan adanya kondensasi dari air menjadi partikel-partikel gas. Kejadian ini menghindarkan air mencapai ketinggian dimana akan terjadi fotodissosiasi air oleh sinar ultraviolet berenergi tinggi sehingga terbentuk gas hydrogen yang cukup tinggi di atmosfer dan sebaliknya akan kekurangan air.

Stratosfer dicirikan dengan terjadinya kenaikan temperature sesuai dengan kenaikan altitude. Kenaikan temperature inisebagai akibat dari adanya lapisan ozon (O3). Ozon mengabsorbsi energi dalam bentuk sinar ultraviolet dan menyebabkan kenaikan temperature. Temperatur maksimum tercapai pada lapisan teratas dari stratosfer.

Dengan kenaikan altitude di mesosfer terjadi penurunan kembali dari temperature yang disebabkan oleh penurunan tingkat radiasi yang diabsorbsi spesi-spesi, terutama oleh ozon pada altitude yang lebih tinggi dari mesosfer dan di atasnya, molekul-molekul spesi dapat keluar secara sempurna dari atmosfer bumi dan temperature maksimum dapat mencapai kurang lebih 1200oC di daerah termosfer.

Pembagian wilayah atmosfer dan karakteristiknya

Wilayah

(Region)

Suhu

(oC)

Altitude

(km)

Spesi Bahan Kimia

Troposfer

Stratosfer

Mesosfer

Termosfer

Sampai -56

-56 sampai -2

-2 sampai -92

-92 sampai 1200

0 sampai (10-16)*

(10-16) sampai 50

50 sampai 85

85 sampai 500

N2, O2, CO2, H2O

O3

O2+, NO+

O2+, O+, NO+

Sumber : Manahan, 1994

* Batas troposfer dengan stratosfer bervariasi antara 10-16 km.

About these ads

2 Tanggapan to “Pembagian Wilayah Atmosfer”

  1. novi said

    maksig ats infonya teh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: