Penyayang bercahaya

Assalamu'alaykum…….

Pestisida Dapat Akibatkan Kanker

Posted by RAHMA CAHYANINGRUM pada Oktober 4, 2009

Suatu penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di laboratorium bioteknologi di AS, menunjukkan bahwa pestisida yang digunakan dalam pertanian serta obat pembasmi hama lainnya yang biasa dipakai dalam rumah tangga dapat menyebabkan penyakit kanker dan jantung.

Menurut hasil penelitian tersebut, penggunaan pestisida dalam jumlah kecil  sudah dapt membahayakan mereka yang sensitif terhadap pestisida. Termasuk dalam jenis pestisida ini adalah obat-obatan pembasmi hama biasa, seperti DDT, obat pembasmi hama kecoak dan tikus yang lazim digunakan sehari-hari dalam rumah tangga.

Bagi kelompok yang sensitif, penggunaan pestisida sedikit saja bisa mengakibatkan asma, bronkitis (gangguan pada saluran pernapasan), dan sakit kepala yang terus menerus.

Jika pestisida di satu pihak sangat membantu pertanian, di pihak lain akan merusak fungsi kekebalan tubuh manusia yaitu keadaan yang membuat tubuh semakin mudah terkena infeksi virus atau bakteri. Kerusakan terus-menerus dari sistem kekebalan itu akan menambah besar kemungkinan orang untuk menderita penyakit kanker dan penyakit jantung.

Tubuh manusia menimbun pestisida dalam jaringan otak, sumsum tulang, hati, usus, dan limpa dengan menghirup pestisida ataupun bekas-bekasnya melalui pernapasan langsung, dengan kontak badan dan dengan memakan bekas-bekas pestisida yang terdapat di dalam makanan dan minuman.

Pestisida dalam jumlah kecil terdapat di dalam air minum, makanan sehari-hari, udara (misalnya setelah penyemprotan sawah atau kebun), dan di dalam rumah jika rumah disemprot dengan obat pembasmi hama.

Hasil penelitian juga mengatakan bahwa alergi pada setiap orang tidak sama, kepekaan orang terhadap pestisida tergantung dari keturunan, sistem kekebalan tubuhnya, penggunaan zat-zat racun lain (termasuk minuman keras dan rokok), dan keseimbangan makanannya.

Bagi orang tertentu, pestisida dalam jumlah kecil saja dapat melumpuhkan fungsi urat syaraf dengan gejala seperti diare, muntah-muntah, penglihatan yang kabur, keringan berlebihan, mengeluarkan air mata, bHKn tidak sadarkan diri. Akan tetapi, bagi orang yang menganut pola hidup sehat, pestisida dalam jumlah sedikit tidak membawa dampak apa-apa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: