Penyayang bercahaya

Assalamu'alaykum…….

We are different…………

Posted by RAHMA CAHYANINGRUM pada Maret 4, 2010

Siapa sih yang tampil beda? Penampilannya kayak gimana? Apa yang beda dari mereka…………?? PENASARAN????

We are copper and gold. Kita adalah tembaga dan emas. Kita beda dari teman-teman lhoo…

Maksudnya…?????

Begini, tembaga dan emas mempunyai warna yang lain daripada yang lain. Kebanyakan logam berwarna putih mengkilat. Tapi tembaga berwarna merah dan emas berwarna kuning. Kok bisa???

Emas

Tembaga                                         Emas


Uang tembaga                   Uang emas

Tembaga dan perak sering disebut sebagai logam “mata uang” karena menurut sejarahnya, logam tersebut merupakan bahan utama untuk pembuatan mata uang logam. Selain tembaga dan emas, perak juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan uang logam. Alasannya yaitu ketiga logam tersebut terdapat langsung sebagai logamnya, dapat ditempa sehingga mudah dibentuk, bersifat tidak reaktif secara kimiawi, dan menjadi sangat berharga karena kelimpahannya yang sangat  jarang untuk perak dan emas.

Warna pada logam terjadi karena logam tersebut menyerap foton dari cahaya tampak, satu atau lebih elektron yang berada dalam orbital tersebut akan meloncat dari orbital yang berenergi lebih rendah ke orbital yang berenergi lebih tinggi, menghasilkan keadaam atom yang tereksitasi. Perbedaan energi antara atom yang berada dalam keadaan dasar dengan yang berada dalam keadaan tereksitasi sama dengan energi foton yang diserap dan berbanding terbalik dengan gelombang cahaya.

E = hc/λ

Karena hanya gelombang-gelombang cahaya (λ) tertentu saja yang dapat diserap (gelombang yang memiliki energi sama dengan energi eksitasi), senyawa-senyawa tersebut akan memperlihatkan warna komplementer (gelombang cahaya yang tidak terserap).

Tembaga ketika sedikit, melepas takat leburnya mengekalkan warna kilauan merah jambu apabila cahaya yang mencukupi sehingga tembaga berwarna merah, selain itu tembaga memantulkan cahaya merah dan jingga dari spektrum cahaya.

Cahaya merah dan jingga dari tembaga

Sedangkan emas berwarna kuning disebabkan oleh frekuensi plasmon emas yang terletak pada julat penglihatan, mengakibatkan warna merah dan kuning dipantulkan sementara warna biru diserap. Hanya koloid perak mempunyai interaksi yang sama terhadap cahaya, tetapi dalam frekuensi yang lebih pendek, sehingga menyebabkan warna koloid perak menjadi kuning.

Warna-warna yang terlihat

roda warna

Roda warna

Roda warna mendemonstrasikan warna senyawa yang akan terlihat jika ia hanya menyerap satu gelombang cahaya. Sebagai contoh, jika senyawa tersebut menyerap warna merah, maka ia akan tampak hijau.

λ diserap vs warna terpantau
400nm Ungu diserap, Hijau-kuning terpantau (λ 560nm)
450nm Blue diserap, Kuning terpantau (λ 600nm)
490nm Biru-hijau diserap, Merah terpantau (λ 620nm)
570nm Kuning-hijau diserap, Ungu terpantau (λ 410nm)
580nm Kuning diserap, Biru tua terpantau (λ 430nm)
600nm Jingga diserap, Biru terpantau (λ 450nm)
650nm Merah diserap, Hijau terpantau (λ 520nm)

Kebanyakan logam berwarna putih yang berarti logam tersebut tidak menyerap gelombang cahaya tampak (visible light) sehingga memperlihatkan warna komplementernya yaitu putih. Akan tetapi untuk tembaga dan emas, ada gelombang cahaya tertentu yang diserap sehingga tidak memperlihatkan warna putih.

Referensi:

Sugiharto, KH. 2003. Common Textbook Kimia Anorganik II. Yogyakarta: IMSTEP

http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_medan_kristal.html

http://wapedia.mobi/ms/Tembaga

http://wapedia.mobi/ms/emas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: